» » » DARI KUANTUM FISIKA MENUJU KE ALAM GHAIB

Saturday 29 September 2012

DARI KUANTUM FISIKA MENUJU KE ALAM GHAIB

Supaya lebih jelas kita perlu mengetahui atau memahami arti kata “ghaib”, sebagai pengantar dalam memahami isi artikel ini. Secara bahasa, kata ghaib (غَيْبٌ) berarti ‘tertutupnya sesuatu dari pandangan mata’. Karena itu, matahari ketika terbenam atau seseorang yang tidak berada di tempat juga disebut ghaib (غَيْبٌ). Secara singkat dapat dikatakan bahwa ghaib (غَيْبٌ) adalah antonim dari kata “nyata”. Ghaib (غَيْبٌ) secara terminologis berarti ‘sesuatu yang tidak bisa dijangkau manusia’, kecuali bila diinformasikan oleh Allah dan rasul-Nya, atau sesuatu yang tidak diketahui kecuali oleh Allah.
Ghaib (غَيْبٌ) di dalam pengertian pertama disebut ghaib nisbi (غَيْبٌ نِسْبِيٌّ = gaib relatif). Ghaib (غَيْبٌ) di dalam pengertian kedua disebut ghaib muthlaq (غَيْبٌ مُطْلَقٌ = gaib mutlak). Termasuk kepada gaib mutlak ini Tuhan, para malaikat, arwah manusia yang telah berpisah dari kehidupan yang bersifat jasmani, dan lain-lain (Ensiklopedia).
alam ghaib

Lalu pengertian yang mana yang dianut mengenai ghaib dalam tulisan ini? Tentu kita dapat menentukan sendiri dengan memperhatikan kedua pengertian ghaib di atas. Kalau sebuah bola berwarna merah dengan diameter 20 cm, maka volume bola tersebut (V)= 4/3 π r³= 4/3(3,14 x 10³)cm³= 4/3(3140)=12560/3 = 4186,666667cm³.
fisika quantum
Jika bola merah tersebut dibelah (dihancurkan) menjadi 1000 bola-bola yang lebih kecil dengan ketentuan setiap bagian memiliki volume yang sama, maka setiap bola kecil tersebut memiliki volume 4,186666667cm³; dan jika setiap bola-bola kecil (butiran-butiran kecil) berwarna merah tersebut dibagi lagi menjadi 1000 bagian yang sama besar, maka butiran-butiran (partikel) yang sangat kecil berikutnya bervolume 0,004186666667 dengan diameter 20 x 0,000001 cm atau 0,00002 cm, sampai di sini saja tentu indra penglihatan kita tidak dapat melihat butiran-butiran merah sekalipun dengan pembesaran 1.000.000 kali, karena diameter partikel-partikel hasil pembagian bola merah tersebut sudah lebih kecil dari panjang gelombang sinar merah, sehingga keberadaan butiran-butiran merah kini menjadi “ghaib”. Hal ini disebabkan karena ada batas-bataskemampuan indra manusia, terutama indra penglihatan.
fisika kuantum

Diketahui panjang gelombang sinar merah= 780 nanometer= 0,000078 cm. Sedangkan diameter partikel tersebut kini hanya 0,00002 cm atau sama dengan 200 nano meter. Karena dengan diameter yang lebih kecil dari panjang gelombang sinar merah, maka tidak akan dapat memantulkan warna merah, karena proses terlihatnya warna adalah dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingga terlihatlah warna. Tetapi secara teoritis jika partikel-partikel tersebut disatukan lagi menjadi sebuah bola seperti semula, maka warna merah yang hilang tadi akan tampak kembali. Dalam konsep ilmu pengetahuan modern, alam semesta dengan segala isinya tersusun dari materi dan energi.

Materi (benda) tersusun pula atas beberapa partikel halus yang lazim disebut atom. Sedangkan atom terdiri dari sebuah inti atom dan sejumlah elektron pada jarak yang relatif jauh. Ini berarti elektron jauh lebih kecil dari atom, dari semua partikel subatom ini, elektron adalah yang paling ringan,ukuran elektron sangat kecil sedemikian hingga tiada teknik pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur ukurannya [wikipedia]. Sesungguhnya istilah-istilah atom, proton, neutron dan elektron itu, semua hanyalah model. Artinya nama-nama tersebut dikaitkan dengan suatu gejala tertentu, sedemikian rupa sehingga dengan model itu para ilmuwan akan dapat bekerja dengan lebih mudah.

Oleh karena itu dalam Ilmu Fisika, dikenal beberapa model atom mulai dari Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan sebagainya. Thomson misalnya, sekalipun sebagai penemu elektron, sebetulnya ia tidak pernah tahu seperti apa elektron itu. Sebab ia hanya melakukan atau membuat eksperimen. Lalu ia perhatikan gejala-gejala atau sifat-sifat hasil eksperimennya. Dari sana disusunlah suatu konsep dan ternyata konsepnya itu bisa menerangkan gejala tersebut. Bagaimana jika ada suatu alat detektor yang super canggih? Jika memang ada alat detektor yang super canggih semacam mikroskop elektron dengan pembesaran bermilyar-milyar atau bahkan berbilyun, sehingga secara teoritis dengan pembesaran demikian dapat diprediksi elektron akan dapat terlihat. Akan tetapi, ternyata tidak semudah apa yang dibayangkan, karena kita bisa melihat karena pertolongan cahaya visual (kasat mata). Sebagai sebuah partikel, cahaya mempunyai massa, kecepatan dan momentum (efek compton). Sedangkan sebagai sebuah gelombang, cahaya mempunyai panjang gelombang, frekuensi, dan amplitudo. Dari sekian banyak panjang gelombang cahaya yang ada, hanya sebagian kecil saja yang bisa tertangkap oleh indera penglihatan manusia, berkisar antara 380 sampai 780 nanometer. Itulah yang kita sebut sebagai cahaya visual. Perhatikan Gb. 3 dan Gb. 4 !

fisika
quantum
Gb. 3
alam ghaib
Gb. 4

alam
Padahal diketahui dari semua partikel subatom, elektron adalah yang paling ringan,ukuran elektron sangat kecil sedemikian hingga tiada teknik pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur ukurannya. Singkatnya diameter elektron jauh lebih kecil dari panjang gelombang cahaya-cahaya visual. Bagaimana bisa terlihat? Bagaimana kalau kita gunakan cahaya lain? Sinar-X, panjang gelombangnya masih sedikit lebih besar dari diameter elektron. Satu-satunya sinar yang memiliki panjang gelombang relatif lebih kecil, yaitu sinar gamma, sinar gamma dipancarkan oleh radium hingga sering disebut sinar radium. Sinar gamma memiliki frekuensi yang sangat tinggi, ini berarti memiliki energi yang sangat tinggi pula. Sehingga elektron tidak sanggup mematulkan sinar itu kembali ke mata detektor. tidak sanggup menahan hantaman sinar gamma berenergi sangat tinggi itu. Elektron terhambur, terpental entah ke mana. Kecepatan gerak elektron menjadi luar biasa. Supermikroskop yang telah dianggap detektor super canggih itu tidak dapat mendeteksi keberadaan elektron tersebut.
ghaib

Lalu bagaimana dengan keberadaan hari Pembalasan, seperti keberadaan surga dan neraka? Apakah bisa dibuktikan? Sementara pembuktian dan eksperimen dalam ilmu fisika saja masih banyak yang belum jelas, karena faktor keterbatasankemampuan manusia, juga problemaakal manusia. Di sinilah peranan informasi wahyu Ilahi yang disampaikan kepada para rasul-Nya mengenai sesuatu yang tidak diketahui kecuali oleh Allah. “Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini” (Q.S.45:20). “(Al Qur'an) ini adalah penerang bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa” (Q.S.3:138). Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)(Q.S.2:185). Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian (Q.S.17:82). Dan jika Kami jadikan Al Qur'an itu suatu bacaan dalam selain bahasa Arab tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?"

Apakah (patut Al Qur'an) dalam bahasa asing, sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Qur'an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Qur'an itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh"(Q.S. 41:44). Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya(Q.S.2:25). Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (Q.S.3:133).Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan (Q.S.3:185). (Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar (Q.S.4:13). Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (Q.S.4:31).

Barang siapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikit pun (Q.S.4:124). Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya (Q.S.2:39). Dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?" (Q.S.2:80). (Bukan demikian), yang benar, barang siapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya (Q.S.2:81). Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"(Q.S.2:201).
alam ghaib

Dan apabila dikatakan kepadanya:"Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahanam. Dan sungguh neraka Jahanam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya (Q.S.2:206).
FISIKA KUANTUM
FISIKA QUANTUM
ALAM GHAIB

No comments:

10 POPULAR POSTS

DAFTAR ARTIKEL

KUMPULAN UCAPAN SELAMAT 'IDUL FITHRI TERBARU
Umat Islam di seluruh dunia saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa dan sebantar lagi Hari Raya Idul Fitri. Baca Selengkapnya>>
KEHIDUPAN ALAM KUBUR (ALAM BARZAH)
Kehidupan yang dialami oleh seorang manusia di dunia ini bukanlah sebuah kehidupan yang terus-menerus tiada berujung dan tiada penghabisan. Baca Selengkapnya>>
MENELUSURI ANGKA - BILANGAN PRIMA - "19" DALAM AL-QUR'AN
Ketika pameran Islam sedunia di London (1976), Rasyad Khalifa memperlihatkan kepada pengunjung atas penelitiannya terhadap Al-Qur’an. Baca Selengkapnya>>
HUKUM ALAM (SUNNATULLAH)
Hukum alam merupakan hukum Allah (Sunnatullah), artinya alam beserta hukumnya adalah ayat-ayat Allah. Belajar dari beberapa hukum alam. Baca Selengkapnya>>
KEPAKAN SAYAP KUPU-KUPU DAPAT MENIMBULKAN BADAI
Belajar dari suatu teori yang disebut dengan Butterfly effect. Edward Norton Lorenz menemukan efek kupu-kupu. Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI LENGKAP UNTUK BAYI LAKI-LAKI DARI ASMAUL HUSNA
Nama-nama Islami lengkap dengan artinya diambil dari Asmaul Husna dan berbagai kata turunannya untuk bayi laki-laki. Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI LENGKAP UNTUK BAYI PEREMPUAN DARI ASMAUL HUSNA
Nama-nama Islami lengkap dengan artinya yang diambil dari Asmaul Husna dan berbagai kata turunannya untuk bayi perempuan. Baca Selengkapnya>>
PENYEMBELIHAN HEWAN 'AQIQAH
Apabila lahir seorang bayi, maka orang tua/ ayahnya hendaklah melakukan Sujud syukur; yakni bersyukur atas kelahiran anak itu, dengan cara sebagai berikut: Baca Selengkapnya>>
TATA CARA PEMBERIAN NAMA ANAK
Bersamaan waktu pelaksanaan aqiqah, si bayi dicukur rambutnya, rambut yang dicukur itu ditimbang dengan emas ,,,, Baca Selengkapnya>>
PERJUANGAN SALMAN AL-FARISY MENCARI KEBENARAN
Ketika hidayah menerangi hati, tak seorangpun dapat menghalangi. Gunung yang tinggi bukan rintangan ,,,, Baca Selengkapnya>>
TOKOH DAN ILMUWAN MUSLIM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan berkata “Iqra!”, pada ayat pertama dan wahyu pertama dalam Al-Qur’an. Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI DARI ASMAUL HUSNA
Melengkapi tulisan sebelumnya masih mengenai Nama-nama Islami yaitu Nama-nama Islami Untuk Anak Lelaki dan Nama-nama Islami Untuk Anak Perempuan, maka .... Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI UNTUK ANAK PEREMPUAN
Mengenai penjelasan pemberian nama anak ini dapat dibaca pada Tuntunan Pemberian Nama Islami. Nama-nama pada daftar berikut untuk anak perempuan .... Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI UNTUK ANAK LELAKI
Daftar nama Islami untuk anak laki-laki sesuai dengan kaidah transliterasi dari huruf Arab (Hijaiyyah) ke abjad abc dan seterusnya. Baca Selengkapnya>>
TUNTUNAN PEMBERIAN NAMA ISLAMI
Pemberian nama kepada anak dengan nama yang baik sangat penting, sehingga kelak anak merasa senang dan tidak merasa malu dengan nama yang disandangnya. Hal ini juga sesuai dengan Firman Allah Q.S. 49:11. Baca Selengkapnya>>
DARI KUANTUM FISIKA MENUJU KE ALAM GHAIB
Supaya lebih jelas kita perlu mengetahui atau memahami arti kata “ghaib”, sebagai pengantar dalam memahami .... Baca Selengkapnya>>
PROBLEMATIKA AKAL MANUSIA
Diketahui kertas setebal 1 mm, kemudian kita kalikan sebanyak 50.000 kali, maka tebal kertas itu menjadi 50.000 mm = 50 m. Hal ini dengan cepat kita dapat menjawabnya. Baca Selengkapnya>>
KUMPULAN UCAPAN SELAMAT IDUL FITHRI
Umat Islam di seluruh dunia saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa dan sebantar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Untuk melengkapi posting, pada kesempatan ini akan share Ucapan Selamat Idul Fithri . Baca Selengkapnya>>
BEBERAPA SANKSI BAGI ORANG YANG TIDAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN
Hukum Puasa Ramadhan bagi orang yang telah memenuhi Syarat Wajib Puasa Ramadhan adalah Fardlu ‘Ain .... Baca Selengkapnya>>
PERDEBATAN SERU ANTARA ABU HANIFAH DENGAN AD DAHRI
Dikisahkan bahwa seorang tokoh aliran Ad-Dahriyyah (yang menginkari adanya Tuhan) berkunjung ke Baghdad .... Baca Selengkapnya>>
HIKMAH MENGIKUTI CARA MAKAN YANG DICONTOHKAN OLEH RASULULLAH SAW
Dr. Ibrahim Al-Rawi menegaskan bahwa manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf .... Baca Selengkapnya>>
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADLHA
Di bulan Zulhijjah bagi yang mampu, saat tunaikan ibadah haji. Mohon ma'afkan semua salahku, moga diterima hingga di hati. Sembilan Zulhijjah wukuf di 'Arafah,
sunnah berpuasa bagi yang mukim. Baca Selengkapnya>>
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITHRI 1432 H.
Datang dan pergi silih berganti, Sya’ban pergi Ramadhan pun datang menghampiri. Semangat Ramdhan begitu tinggi, berharap ridho dan surga Ilähi. Ramadhan pergi datanglah Syawal, .... Baca Selengkapnya>>
KESEMPATAN EMAS MENGAKURASIKAN ARAH KIBLAT KITA
Kiblat adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum shalat. Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Al Qur’ an .... Baca Selengkapnya>>
CUPLIKAN DIALOG WIMAR DAN GUSDUR
Wimar: "... ketika saya bertanya kepada seorang Kiyai... (pen.: K.H. Abdur Rahman Wahid atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur). Gus, apakah saya ini termasuk orang Islam yang baik?" Baca Selengkapnya>>
KEKUATAN
Ia makhluk Tuhan, kekuatannya sungguh dahsyat, menerpa siapa saja tak ada yangterlewat. Ia berjalan tanpa kompromi,
langkahnya pun sangat pasti. Baca Selengkapnya>>
NIKMAT: TERMURAH DAN TERMAHAL
Nikmat dikelompokkan ke dalam 3(tiga) kategori, sesungguhnya kenikmatan merupakan hasrat manusiawi yang telah terpenuhi, termasuk hasrat duniawi sebagaimana Q.S. 3: 14 .... Baca Selengkapnya>>
CERITA MENGENAI SEVERN SUZUKI
Seorang Anak Berusia 12 Tahun Inilah isi pidato tersebut: Halo nama saya Severn Suzuki, berbicara mewakili ECO-Enviromental Children Organization. Baca Selengkapnya>>
ALLAH MEWAJIBKAN KEPADA MANUSIA BERSYUKUR KEPADA-NYA DAN KEPADA KEDUA ORANG TUA
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. Baca Selengkapnya>>
ASH-SHIYAAM
Puasa seekor ulat, tidak hanya dapat mengubah dirinya menjadi seekor kupu-kupu tetapi dapat meninggalkan segala sifat negatif yang ada pada seekor ulat. Baca Selengkapnya>>