» » » » » KESEMPATAN EMAS MENGAKURASIKAN ARAH KIBLAT KITA

Friday 27 May 2011

KESEMPATAN EMAS MENGAKURASIKAN ARAH KIBLAT KITA


Kiblat adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum shalat. Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Al Qur’ an surat Al Baqarah: 149, yang artinya, “Dan dari mana saja engkau keluar (untuk shalat), maka hadapkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka’ bah), dan sesungguhnya perintah berkiblat ke Ka’ bah itu adalah benar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan”.

Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita
Dengan ini, maka penentuan arah kiblat yang benar dalam shalat adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Besok Sabtu, tanggal 28 Mei 2011 pukul 16:18 WIB insya Allah akan ada peristiwa Istiwa A’ zham (Matahari di atas Ka’ bah), yang sangat bermanfaat untuk menentukan maupun mencocokkan arah Kiblat yang akurat dengan cara sederhana. Dalam ilmu falaq (astronomi), peristiwa itu dikenal dengan yaumu rasydil qiblah (Qiblat Day, hari untuk mencocokkan arah Kiblat), karena matahari tepat berada di atas Ka’ bah.

Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita
Ka’ bah yang berada pada koordinat 21,4° LU dan 39,8° BT, dalam setahun akan mengalami 2 kali peristiwa Istiwa A’ zham (Matahari di atas Ka’ bah). Berdasarkan data falaqiyah Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), PP Muhammadiyah dan PB Nadhlatul Ulama, yaumu rasydil-qiblah tahun 2011 ini terjadi dua kali, yaitu Sabtu 28 Mei 2011 pukul 16:18 WIB dan Sabtu 16 Juli 2011 pukul 16:27 WIB. Besok Sabtu 28 Mei 2011 matahari akan tepat berada di atas Ka’ bah pada pukul 12:27 waktu Saudi, bertepatan dengan pukul 16:18 WIB atau 17.18 WITA di Indonesia. Ketika matahari istiwa (berada) di atas Ka’ bah, maka secara otomatis bayang-bayang objek tegak di seluruh dunia akan lurus ke arah Kiblat. Karena kedudukan matahari di atas Ka’ bah yang menyebabkan bayangan tegak di seluruh dunia searah Kiblat. Maka besok Sabtu pukul 16:18 WIB, di daerah mana pun yang mampu menerima sinar matahari pada jam itu, umat Islam bisa menera arah Kiblat dengan sederhana namun terjamin akurasinya. Arah lawan bayangan itulah arah Kiblat berada, karena jam itu posisi matahari tepat berada di atas Ka’ bah.
Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita
Menurut Kementerian Agama (Kemenag), pengukuran arah Kiblat yang memanfaatkan Rasydul Qiblat berpedoman matahari adalah navigasi yang telah Allah SWT berikan sejak dahulu. Sebab pada tanggal 27 atau 28 Mei jam 16:18 WIB, dan 15 atau 16 Juli jam 16:28 WIB, posisi matahari tepat berada di atas Ka`bah. Sehingga bayang-bayang benda dipermukaan bumi pada jam tersebut, mengarah ke Ka`bah. “Jika arah tersebut telah kita temukan, berdasarkan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka hasil tersebut merupakan ijtihad yang wajib dipergunakan,” kata Sekjen Kemenag Bahrul Hayat Ph.D. mewakili Menteri Agama saat membuka acara Sosialisasi Arah Kiblat Tingkat Nasional, Senin (15/3) di Jakarta.
Cara sederhana mengukur arah kiblat dengan tepat:
  1. Penentuan arah Kiblat menggunakan fenomena Istiwa A’ zham hanya berlaku untuk tempat-tempat yang pada saat peristiwa itu terjadi (Sabtu tanggal 28 Mei 2011 WIB pukul 16:18 WIB atau 17.18 WITA; dan Sabtu 16 Juli 2011 pukul 16:27 WIB atau 17.27 WITA), dapat melihat matahari secara langsung.
  2. Siapkan jam atau arloji yang sudah dicocokkan (dikalibrasi) waktunya secara tepat sesuai dengan radio, televisi, internet atau telepon ke 103.
  3. Tentukan lokasi masjid, musholla, surau atau rumah yang akan diluruskan arah Kiblatnya. Lokasi boleh di dalam maupun di luar ruangan, yang penting tempat tersebut datar dan masih mendapat sinar matahari saat peristiwa Istiwa A’ zham (matahari di atas Ka’ bah) sedang berlangsung.
  4. Sediakan tongkat lurus panjang minimal 1 meter. Akan lebih bagus jika menggunakan benang besar yang diberi bandul sehingga tegak benar.
  5. Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita
  6. Pasang tongkat secara tegak dengan bantuan lot tukang (jika menggunakan tongkat), atau pasang benang lengkap dengan bandul dan penyangganya di tempat tersebut. (Persiapan jangan terlalu mendekati waktu terjadinya fenomena agar tidak terburu-buru).
  7. Jika telah tiba saat Istiwa A’ zham, amatilah bayangan Matahari yang terjadi. Pada bayangan tersebut, berilah tanda menggunakan spidol, benang, lakban, penggaris atau alat lain yang dapat membuat tanda lurus. Maka itulah arah Kiblat yang sebenarnya.
  8. Agar tera arah Kiblat itu bisa menggunakannya di tempat lain, dapat pula kita melukiskan bayangan tersebut di atas kertas, lalu kita cocokkan arah mata anginnya dengan kompas.
  9. Gunakan benang, sambungan pada tegel lantai, atau teknik lain yang dapat meluruskan arah Kiblat ini ini ke dalam masjid. Intinya yang hendak kita ukur sebenarnya adalah garis shaff yang posisinya tegak lurus (90°) terhadap arah Kiblat. Maka setelah garis arah Kiblat kita dapatkan untuk membuat garis shaff dapat dilakukan dengan mengukur arah sikunya dengan bantuan benda-benda yang memiliki sudut siku misalnya lembaran triplek atau kertas karton.
  10. Sebaiknya bukan hanya masjid atau mushalla atau surau saja yang perlu diluruskan arah Kiblatnya. Mungkin Kiblat di rumah kita sendiri selama ini juga saat kita shalat belum tepat menghadap ke arah yang benar. Sehingga saat peristiwa tersebut ada baiknya kita juga bisa melakukan pelurusan arah Kiblat di rumah masing-masing. Semoga cuaca cerah.
  11. Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita
  12. Jika anda khawatir gagal karena Matahari terhalang oleh mendung (atau kendala lainya), maka toleransi pengukuran dapat dilakukan pada H-2 hingga H+2 (tanggal 27 sd 29 Mei 2011 dan tanggal Juli 2010), dengan cara menambah 3 menit perhari sesudahnya (tanggal 17-18 Juli), dan mengurangi 3 menit per hari sebelumnya (tanggal 15-17 Juli 2011).
  13. Tetapi bagaimana jika lokasi kita berada di daerah WIT yang tentu saja matahari telah terbenam ketika peristiwa it berlangsung? Jangan khawatir, karena masih ada kesempatan untuk melakukan pengukuran yakni pada tanggal 28 November pukul 00.09 waktu Arab atau 06.09 WIT dan peristiwa yang sama akan terulang pada tanggal 17 Januari pukul 00.29 waktu Arab atau 06.29 WIT. Karena pada waktu tersebut matahari terletak di antipode atau nadir (tepat berada di bawah ka’ bah).
  14. Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita

    Jika arah qiblat salah, geser shafnya, jangan bongkar masjidnya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau umat Islam agar memanfaatkan momentum rasydul qiblat untuk meluruskan arah Kiblat. Himbauan diwujudkan dalam seruan Gerakan Peduli Rasydul Qiblat (GPRQ) pada hari Sabtu 28 Mei 2011 besok. "Peristiwa rasydul qiblat merupakan momentum yang tepat untuk mengukur arah Kiblat dengan mudah bagi wilayah-wilayah yang dapat melihat matahari pada saat peristiwa itu terjadi,” kata Ketua Lajnah Falaqiyah PBNU KH Ahmad Ghazalie Masroeri di Jakarta, Rabu (26/5).
    Menurut Kiai Ghazalie, Gerakan Peduli Rosydul Qiblat bertujuan untuk menyempurnakan arah Kiblat di masjid, musholla atau di tempat shalat masing-masing dengan cara yang sederhana. Terkait pelaksanaan dari Gerakan Peduli Roshdul Qiblat ini pihaknya juga telah menyebarkan instruksi kepada Lajnah Falaqiyah di seluruh daerah di Indonesia untuk mendukung gerakan ini. Perbedaan waktu rasydul Qiblat antara Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia tidak terlampau jauh, berbeda dengan waktu sholat. ”Paling-paling berbeda 1 sampai 2 menit saja. Silakan dilihat di kalender setempat atau menghubungi ahli falaq setempat,” kata Kiyai Ghazalie.
    Mengingat waktu rasydul qiblat ini sangat singkat, sekitar 1 menit saja, Lajnah Falaqiyah mengimbau pihak-pihak yang ingin mengoreksi arah Kiblat untuk mempersiapkan lebih awal, misalnya dengan memasang benda tegak lurus di samping masjid yang memungkinkan terkena sinar matahari pada waktu terjadinya rasydul qiblat. Namun, tambah Kyai Ghazalie, jika dalam pengukuran ditemukan ada musholla dan masjid yang belum lurus arah Kiblatnya, tidak perlu memunculkan opsi membongkar musholla atau masjid. “Cukup shafnya saja yang diluruskan sesuai dengan arah Kiblat yang benar,” jelasnya.
_________
Taman Cerita Kita, Taman Cerita, Cerita Kita, Cerita
Sumber: Arrahmah.com, Jakarta, Jum'at, 27 Mei 2011 17:32:23.
TAMAN
TAMAN CERITA
CERITA
CERITA KITA
CERITA ISLAMI
CERITA ISTIWA A ZHAM
CERITA PERISTIWA AGUNG
RASYDUL QIBLAT

No comments:

10 POPULAR POSTS

DAFTAR ARTIKEL

KUMPULAN UCAPAN SELAMAT 'IDUL FITHRI TERBARU
Umat Islam di seluruh dunia saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa dan sebantar lagi Hari Raya Idul Fitri. Baca Selengkapnya>>
KEHIDUPAN ALAM KUBUR (ALAM BARZAH)
Kehidupan yang dialami oleh seorang manusia di dunia ini bukanlah sebuah kehidupan yang terus-menerus tiada berujung dan tiada penghabisan. Baca Selengkapnya>>
MENELUSURI ANGKA - BILANGAN PRIMA - "19" DALAM AL-QUR'AN
Ketika pameran Islam sedunia di London (1976), Rasyad Khalifa memperlihatkan kepada pengunjung atas penelitiannya terhadap Al-Qur’an. Baca Selengkapnya>>
HUKUM ALAM (SUNNATULLAH)
Hukum alam merupakan hukum Allah (Sunnatullah), artinya alam beserta hukumnya adalah ayat-ayat Allah. Belajar dari beberapa hukum alam. Baca Selengkapnya>>
KEPAKAN SAYAP KUPU-KUPU DAPAT MENIMBULKAN BADAI
Belajar dari suatu teori yang disebut dengan Butterfly effect. Edward Norton Lorenz menemukan efek kupu-kupu. Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI LENGKAP UNTUK BAYI LAKI-LAKI DARI ASMAUL HUSNA
Nama-nama Islami lengkap dengan artinya diambil dari Asmaul Husna dan berbagai kata turunannya untuk bayi laki-laki. Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI LENGKAP UNTUK BAYI PEREMPUAN DARI ASMAUL HUSNA
Nama-nama Islami lengkap dengan artinya yang diambil dari Asmaul Husna dan berbagai kata turunannya untuk bayi perempuan. Baca Selengkapnya>>
PENYEMBELIHAN HEWAN 'AQIQAH
Apabila lahir seorang bayi, maka orang tua/ ayahnya hendaklah melakukan Sujud syukur; yakni bersyukur atas kelahiran anak itu, dengan cara sebagai berikut: Baca Selengkapnya>>
TATA CARA PEMBERIAN NAMA ANAK
Bersamaan waktu pelaksanaan aqiqah, si bayi dicukur rambutnya, rambut yang dicukur itu ditimbang dengan emas ,,,, Baca Selengkapnya>>
PERJUANGAN SALMAN AL-FARISY MENCARI KEBENARAN
Ketika hidayah menerangi hati, tak seorangpun dapat menghalangi. Gunung yang tinggi bukan rintangan ,,,, Baca Selengkapnya>>
TOKOH DAN ILMUWAN MUSLIM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan berkata “Iqra!”, pada ayat pertama dan wahyu pertama dalam Al-Qur’an. Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI DARI ASMAUL HUSNA
Melengkapi tulisan sebelumnya masih mengenai Nama-nama Islami yaitu Nama-nama Islami Untuk Anak Lelaki dan Nama-nama Islami Untuk Anak Perempuan, maka .... Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI UNTUK ANAK PEREMPUAN
Mengenai penjelasan pemberian nama anak ini dapat dibaca pada Tuntunan Pemberian Nama Islami. Nama-nama pada daftar berikut untuk anak perempuan .... Baca Selengkapnya>>
NAMA-NAMA ISLAMI UNTUK ANAK LELAKI
Daftar nama Islami untuk anak laki-laki sesuai dengan kaidah transliterasi dari huruf Arab (Hijaiyyah) ke abjad abc dan seterusnya. Baca Selengkapnya>>
TUNTUNAN PEMBERIAN NAMA ISLAMI
Pemberian nama kepada anak dengan nama yang baik sangat penting, sehingga kelak anak merasa senang dan tidak merasa malu dengan nama yang disandangnya. Hal ini juga sesuai dengan Firman Allah Q.S. 49:11. Baca Selengkapnya>>
DARI KUANTUM FISIKA MENUJU KE ALAM GHAIB
Supaya lebih jelas kita perlu mengetahui atau memahami arti kata “ghaib”, sebagai pengantar dalam memahami .... Baca Selengkapnya>>
PROBLEMATIKA AKAL MANUSIA
Diketahui kertas setebal 1 mm, kemudian kita kalikan sebanyak 50.000 kali, maka tebal kertas itu menjadi 50.000 mm = 50 m. Hal ini dengan cepat kita dapat menjawabnya. Baca Selengkapnya>>
KUMPULAN UCAPAN SELAMAT IDUL FITHRI
Umat Islam di seluruh dunia saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa dan sebantar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Untuk melengkapi posting, pada kesempatan ini akan share Ucapan Selamat Idul Fithri . Baca Selengkapnya>>
BEBERAPA SANKSI BAGI ORANG YANG TIDAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN
Hukum Puasa Ramadhan bagi orang yang telah memenuhi Syarat Wajib Puasa Ramadhan adalah Fardlu ‘Ain .... Baca Selengkapnya>>
PERDEBATAN SERU ANTARA ABU HANIFAH DENGAN AD DAHRI
Dikisahkan bahwa seorang tokoh aliran Ad-Dahriyyah (yang menginkari adanya Tuhan) berkunjung ke Baghdad .... Baca Selengkapnya>>
HIKMAH MENGIKUTI CARA MAKAN YANG DICONTOHKAN OLEH RASULULLAH SAW
Dr. Ibrahim Al-Rawi menegaskan bahwa manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf .... Baca Selengkapnya>>
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADLHA
Di bulan Zulhijjah bagi yang mampu, saat tunaikan ibadah haji. Mohon ma'afkan semua salahku, moga diterima hingga di hati. Sembilan Zulhijjah wukuf di 'Arafah,
sunnah berpuasa bagi yang mukim. Baca Selengkapnya>>
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITHRI 1432 H.
Datang dan pergi silih berganti, Sya’ban pergi Ramadhan pun datang menghampiri. Semangat Ramdhan begitu tinggi, berharap ridho dan surga Ilähi. Ramadhan pergi datanglah Syawal, .... Baca Selengkapnya>>
KESEMPATAN EMAS MENGAKURASIKAN ARAH KIBLAT KITA
Kiblat adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum shalat. Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Al Qur’ an .... Baca Selengkapnya>>
CUPLIKAN DIALOG WIMAR DAN GUSDUR
Wimar: "... ketika saya bertanya kepada seorang Kiyai... (pen.: K.H. Abdur Rahman Wahid atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur). Gus, apakah saya ini termasuk orang Islam yang baik?" Baca Selengkapnya>>
KEKUATAN
Ia makhluk Tuhan, kekuatannya sungguh dahsyat, menerpa siapa saja tak ada yangterlewat. Ia berjalan tanpa kompromi,
langkahnya pun sangat pasti. Baca Selengkapnya>>
NIKMAT: TERMURAH DAN TERMAHAL
Nikmat dikelompokkan ke dalam 3(tiga) kategori, sesungguhnya kenikmatan merupakan hasrat manusiawi yang telah terpenuhi, termasuk hasrat duniawi sebagaimana Q.S. 3: 14 .... Baca Selengkapnya>>
CERITA MENGENAI SEVERN SUZUKI
Seorang Anak Berusia 12 Tahun Inilah isi pidato tersebut: Halo nama saya Severn Suzuki, berbicara mewakili ECO-Enviromental Children Organization. Baca Selengkapnya>>
ALLAH MEWAJIBKAN KEPADA MANUSIA BERSYUKUR KEPADA-NYA DAN KEPADA KEDUA ORANG TUA
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. Baca Selengkapnya>>
ASH-SHIYAAM
Puasa seekor ulat, tidak hanya dapat mengubah dirinya menjadi seekor kupu-kupu tetapi dapat meninggalkan segala sifat negatif yang ada pada seekor ulat. Baca Selengkapnya>>